Selasa, 12 Agustus 2008

tips cantik

ternyata untuk cantik g perlu beli produk perawatan kecantikan yang mahal.mau tahu rahasia tampil cantik tapi g bikin kantong bolong kayak sundel bolong?ini dia...

-- Minyak Wheat Germ

Minyak yang berasal dari benih biji gandum ini mengandung vitamin B, vitamin E, asam lemak tak jenuh serta protein yang berkhasiat menyehatkan kutikula. Minyak ini dapat melembutkan, mengobati kutikula yang koyak dan keras. Untuk memperbaiki penampilan serta menyehatkan kutikula yang terkelupas, gosok 1/4 sdt minyak wheat grem di atas kuku dan kutikula anda setiap malam.

-- Jeruk lemon

Bosan dengan rutinitas manikur di salon? Untuk mengirit dana dan juga waktu, kenapa tidak mencoba melembutkan kuku dengan jeruk lemon. Murah dan bisa dilakukan di rumah sambil menoton televisi atau sambil bersantai di sore hari. Air jeruk lemon bekerja seperti a mild bleach, mengusir ketegangan dari kuku Anda.

Caranya mudah sekali, belah dua jeruk lemon, masukkan kuku jari tangan ke dalam serat-serat jeruk lemon, putar sambil di tekan agar airnya keluar. Lakukan kira-kira selama 5 menit, setelah itu cuci bersih kuku jari dan keringkan. Oleskan pelembab pada setiap kuku dan kuku anda menjadi lebih berkilau. Lakukan perawatan ini setiap seminggu sekali.

--Jeruk Nipis
Buah yang satu ini lebih dikenal sebagai penghilang bau amis, atau campuran penyedap makanan. Tentu saja hanya perasan airnya yang digunakan. Tapi sebenarnya air jeruk nipis ini juga banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan. Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori-pori mengecil dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak.

Manfaat:

  • Untuk merapatkan pori-pori kulit: Ambil daging jeruk nipis, oleskan pada kulit wajah. Biasanya di sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar.
  • Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit: Usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya.

-- Pisang

Pisang memang banyak manfaatnya. Kini, terungkap si pencuci mulut ini pun ternyata dapat menjadikan kulit kita lebih sehat dan halus. Karena buah ini mengandung vitamin C dan gula, ia baik bagi kulit dan rambut. Jika Anda tertarik dan ingin mencobanya, sebaiknya Anda memilih pisang yang benar-benar matang, tapi jangan pula terlalu matang sehingga kecoklatan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan;
Manfaat:

  • Sebagai Penghalus Kulit:: Hancurkan 2 buah pisang lalu campurkan dengan 3 sendok makan gula pasir dan 1 sendok makan baby oil. Gunakan sebagai scrub cream ke seluruh tubuh Anda. Lakukan secara teratur seminggu sekali.

Menurut resep tua, pisang diyakini dapat menghaluskan kulit sensitif. Caranya lumatkan setengah bagian dari sebuah pisang yang sudah di kupas. Oleskan pasta pisang tersebut untuk membersihkan kulit yang lembab. Biarkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk sampai kulit kering. Lakukan seminggu sekali.

-- Alpukat

Anda tentu sudah pernah mendengar dan membaca bahwa khasiat buah-buahan dan sayuran bagi kecantikan sangat banyak. Namun belum tentu tahu kegunaan dan cara mengolahnya. Konon alpukat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kecantikan. Dengan ilmu pengetahuan, terbukti bahwa alpukat memang kaya vitamin, mineral dan minyak alami. Alpukat banyak mengandung vitamin A, C, dan E, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat ini berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.

Manfaat:

  • Sebagai pelembab: bagian dalam kulit alpukat mengandung humektan, yaitu substansi yang mampu menahan kelembaban kulit. Gosokkan secara lembut ke seputar wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah menggunakan air dingin. Lakukan malam hari sebelum Anda tidur karena malam hari adalah waktu yang tepat bagi kulit untuk bekerja. Wajah yang terjaga kelembabannya membuat make- up bertahan lama sesudahnya.
  • Untuk membuat ramuan di atas Anda harus menggunakan alpukat yang telah masak. Ada pun cara meramunya mudah sekali. Cuci tangan Anda dengan air hangat kemudian lumatkan alpukat secukupnya, balurkan ke seluruh wajah kecuali sekitar mata, seperti masker. Biarkan selama 30 menit, lalu basuh dengan air hangat. Bagi Anda yang kulit wajah dan tangannya sangat kering, setelah dibasuh dengan air hangat diharuskan mengoleskan es batu ke wajah dan tangannya.
  • Perlu diketahui, bagian kulit buah alpukat pun juga berguna untuk kehalusan kulit. Untuk kulit di bagian tubuh tertentu yang cenderung mudah jadi kasar, semisal di bagian siku, lutut, maupun bagian lain di kaki dan tangan, coba gosok bagian yang kasar dengan irisan kulit alpukat. Gunakan sisi dalam dari kulitnya. Lakukan secara teratur. Minyak alpukat yang mengandung vitamin A, D, dan E, akan membantu melembapkan dan menghaluskan bagian kulit tersebut. Bila tak ada alpukat, Anda dapat menggunakan sisi dalam kulit pepaya segar sebagai penggantinya. Efeknya tak jauh beda.

Selain sebagai pelembab kulit kering, alpukat juga mengadung asam lemak yang dapat menjaga kelembaban kulit. Untuk membuat masker penyejuk kulit, lumatkan setengah buah alpukat sampai lembut. Oleskan pasta alpukat tersebut pada wajah dan leher anda dengan sapuan yang tipis. Biarkan selama 15 menit, dan cuci bersih dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit wajah anda sampai kering, lakukan 2-3 kali seminggu, sesuai kebutuhan.

--Pepaya dan Labu
Vitamin dan mineral yang terkandung pada buah labu dan pepaya bermanfaat untuk merawat kekencangan dan keremajaan kulit wajah. Menjadikan wajah tampak kencang dan berseri.

--Alpukat dan pisang
Ramuan campuran alpukat dan pisang mengandung vitamin D, A, Asam Amino dan Asam Organik. Bermanfaat untuk merawat kelembaban kulit, menyegarkan kembali kulit wajah yang kusam. Merawat kehalusan dan kelembutan kulit wajah.

--Belimbing dan Nanas
Vitamin C dan A dari dari buah belimbing dan nanas efektif membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah, menyegarkan dan menyejukkan wajah. Kandungan mineralnya membantu mengurangi kelelahan kulit, menjadikan wajah segar berseri.

Banyak di antara bahan campuran itu yang bisa Anda ramu sendiri. Daging, kulit dan air yang terkandung pada buah dapat Anda manfaatkan sekaligus. Untuk itu, buah seperti alpukat dan pisang dapat Anda lumat dengan peralatan di meja makan, sedang belimbing dan nanas dapat serta pepaya dan labu dapat Anda iris. Meski begitu banyak pula bahan campuran yang disarankan untuk menghaluskan kulit itu sudah terolah dalam bentuk serbuk, siap digunakan sebagai masker dan bahan luluran tubuh agar tetap lembut dan halus. Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan selera Anda

-- Garam

Siapa bilang garam hanya berfungsi sebagai bumbu dapur, nyatanya garam bisa juga dipakai untuk membersihkan rambut. Garam mampu mengeyahkan minyak dan kotoran pada rambut tanpa harus membasahi rambut. Bersihkan rambut anda yang kering dengan garam. Garam akan menyerap minyak, bakteri, dan kulit kepala.

Caranya berdirilah di bawah pancuran air atau di luar ruangan, pijat kulit kepala sampai ke rambut dengan 1 sdm garam kasar (untuk rambut panjang, gunakan 2 sdm garam). Biarkan selama 15 menit. Untuk membersihkan garam dari rambut maupun kulit kepala, anda bisa menggunakan sikat bulu alami yang kering.

Garam juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gatal-gatal di jari kaki.

--Teh
Teh mengandung tanin yang memiliki fungsi untuk mempercantik kulit. Kemampuannya menyerap ultraviolet matahari yang membahayakan, membuat bahan minuman ini sebagai bahan kosmetik yang baik dalam melindungi kulit.


Di musim panas, teh bisa sebagai minyak tubuh. Bisa juga sebagai pembilas rambut agar lebih hitam dan indah bercahaya, terutama bagi rambut yang mulai beruban karena dapat terlihat menghitam. Teh juga bisa untuk menyegarkan mata yang lelah, sekaligus menghilangkan lingkaran hitam yang di bawah mata

--Ragi
Ragi kaya akan vitamin, mineral, dan protein. Jika di makan langsung, ragi dapat memperbaiki peredaran darah dan memberikan vitalitas pada tubuh. Secara umum, ragi dapat memperbaiki rambut, gigi, dan kuku.

--Kepala susu
Bahan ini terbukti efektif membersihkan kulit, membantu memutihkan dan menyegarkannya. Terutama bagi kulit yang berminyak, sangat baik dijadikan sebagai bahan campuran perawatan kulit.

--Jagung
Tepung jagung (maizena) bisa dijadikan masker, juga efektif menghilangkan jerawat wajah dan flek. Bisa juga sebagai pembersih rambut.

--Minyak Zaitun
Minyak ini dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet, juga untuk cat kuku (kuteks) bagi kuku yang pecah-pecah, atau minyak rambut agar rambut kuat dan lembut. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai bahan campuran kosmetik seperti krim dan masker saat mandi, agar kulit lembut dan bernutrisi.

--Madu
Madu juga berguna sebagai masker perawatan kulit. Untuk kulit berminyak, campurkan madu dengan telur dan untuk kulit kering campurkan dengan sedikit susu krim.

--Susu
Susu mengandung banyak protein, kalsium, vitamin, dan sangat mudah diserap kulit. Sehingga susu bermanfaat sebagai pemberi nutrisi dan pembersih kulit yang paling baik. Tak heran susu kerap dijadikan bahan campuran untuk masker, krim, dan pembersih kulit.

--Cuka
Cuka bisa terbuat dari berbagai perasan, seperti perasan tebu, angggur, apel, gandum, jagung, dan Barley. Tapi Cuka Apel dianggap yang terbaik dan dapat dicampurkan dalam larutan pencuci rambut untuk menghilangkan ketombe dan membuat rambut berkilau. Manfaat lain, cuka apel dapat mencegah varises akibat pembengkakan pembuluh darah di kaki.

--Telur
Dapat dipergunakan untuk merawat kulit, karena putih telur dapat menarik kotoran dan racun dari dalam pori-pori. Putih telur bermanfaat bagi kulit berminyak, karena dapat mencegah timbunan lemak berlebihan dan membersihkan kotoran yang dapat meracuni kulit.

untuk menghilangkan komedo: ambil putih telur lalu kocok sampe berbusa.oleskan putih telur tadi pada sehelai kapas.tempelakan dihidung atau bagian yang banyak dijumpai komedo.tunggu sampai kering (minimal setengah jam).setelah itu...foila hidung landak kamu pasti ilang. jangan lupa basuh muka dengan airdingin agar pori-pori dihidung mengecil.

Tidak ada komentar: